F.A.Q
1. Apa program Mandiri Bersama Mandiri Challenge?
- Mandiri Bersama Mandiri Challenge adalah kompetisi yang digelar Bank Mandiri dalam rangka mendorong tumbuh kembangnya social entrepreneurship di Indonesia.
2. Hal-hal apa saja yang menjadi tujuan diadakannya acara Mandiri Bersama Mandiri Challenge?
- Membantu merealisasikan ide kewirausahaan sosial di kalangan anak muda untuk melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar atau membantu mempercepat proses kemandirian sosial dalam suatu kawasan sehingga berdaya guna bagi masyarakat sekitar;
- Memberikan penghargaan pada individu/komunitas yang telah berjasa mengembangkan kewirausahaan sosial;
- Membantu social enterprise yang telah ada untuk meningkatkan kapasitasnya secara profesional melalui pelatihan dan pembinaan;
- Mengumpulkan database social enterprise yang berpotensi menjadi mitra dalam program "Mandiri bersama Mandiri".
3. Apa saja kategori dalam kompetisi MBM Challenge ?
- Kelompok Start Up (Early Stage)
- Kelompok ini terbuka untuk setiap tim yang memiliki ide/rencana kewirausahaan sosial dalam bentuk bisnis plan yang dapat bergulir dalam waktu selambat-lambatnya setahun setelah lomba ini, ataupun social enterprise yang sudah berjalan maksimal setahun yang memiliki rencana pengembangan bisnis sosial di suatu kawasan.
- Kelompok Semi Established
- Peserta sudah menjalankan bisnis sosial yang telah bergulir dalam waktu sekurang-kurangnya 2 tahun. Adapun rencana pengembangan bisnis yang dilombakan harus sudah dapat diimplementasikan selambat-lambatnya setahun sejak lomba ini.
4. Apa saja jenis bidang usaha / kategori yang dilombakan untuk setiap kategori tersebut?
- Pertanian
- Pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan yang menciptakan kemandirian dengan mempertimbangkan potensi lokal yang tersedia secara holistik (skill, modal, dan pasar);
- Kelautan
- Pemberdayaan masyarakat di bidang kelautan yang menciptakan kemandirian dengan mempertimbangkan potensi lokal yang tersedia secara holistik (skill, modal, dan pasar);
- Industri Kreatif
- Pemberdayaan masyarakat di bidang industri kreatif yang menciptakan kemandirian dengan mempertimbangkan potensi lokal yang tersedia secara holistik (skill, modal, dan pasar);
- Pariwisata
- Pemberdayaan masyarakat untuk menunjang pariwisata maupun jasa pengembangan pariwisata yang berbasis komunitas (community based tourism) yang menciptakan kemandirian dengan mempertimbangkan potensi lokal yang tersedia secara holistik (skill, modal, dan pasar);
5. Kriteria peserta apa saja yang dapat mengikuti program ini ?
A. Kategori Start Up
- Setiap tim Start up terdiri dari pemimpin tim dan anggota berusia 18-35 tahun (terhitung saat final pada 5 Oktober 2012), anggota tim yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan;
- Setiap tim terdiri dari minimum 3 orang. Untuk kelompok pemula, sangat dianjurkan keahlian masing-masing saling melengkapi dalam pelaksanaan project tersebut (termasuk salah satu aspek penilaian);
- Setiap anggota tim adalah kelompok yang melakukan pemberdayaan masyarakat di Indonesia;
- Kelompok ini terbuka untuk setiap tim yang memiliki ide/rencana kewirausahaan sosial dalam bentuk bisnis plan yang dapat bergulir dalam waktu selambat-lambatnya setahun setelah lomba ini, ataupun social enterprise yang sudah berjalan maksimal setahun yang memiliki rencana pengembangan bisnis sosialnya;
- Mengikuti ketentuan yang berlaku dengan mengisi form data umum serta bisnis plan, dan mengirimkannya sebelum tenggat waktu lomba.
- Setiap tim Semi Established terdiri dari pemimpin tim dan anggota berusia 23-45 tahun (terhitung saat final pada 5 Oktober 2012), anggota tim yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan;
- Untuk kelompok lanjut, ketiga personel merupakan anggota organisasi/komunitas social enterprise tersebut;
- Setiap anggota tim adalah kelompok yang melakukan pemberdayaan masyarakat di Indonesia;
- Peserta sudah menjalankan bisnis sosial yang telah bergulir dalam waktu sekurang-kurangnya 2 tahun. Adapun rencana pengembangan bisnis yang dilombakan harus sudah dapat diimplementasikan selambat-lambatnya setahun sejak lomba ini;
- Khusus untuk kategori semi established, yang pernah menang dalam kompetisi lain, diperbolehkan mengikuti lomba, dengan syarat tidak mengajukan project atau rencana pengembangan yang sama dalam lomba sebelumnya (dibuktikan dengan verifikasi);
- Mengikuti ketentuan yang berlaku dengan mengisi form data umum serta bisnis plan pengembangan bisnis sosialnya, dan mengirimkannya sebelum tenggat waktu lomba.
6. Apa saja yang menjadi kriteria penilaian yang digunakan?
A. Kategori Start Up
- Dampak ekonomi / Entrepreneurship
- Dampak Sosial dan lingkungan
- Keberlanjutan
- Inovasi
- Project management
- Leadership
- Impact dan benefit
- Potensi untuk berkembang dan replikasi
- Kelembagaan
- Pengembangan produk atau layanan
- Kemampuan menciptakan pasar
7. Hadiah apa yang disediakan bagi pemenang program ?
- Dari setiap kategori bidang usaha akan dipilih 2 (dua) orang pemenang untuk masing – masing sektor yaitu sehingga akan ada 16 orang pemenang.
- Hadiah Pemenang Start Up :
- Pemenang Pertama akan mendapatkan :
- Uang sebesar Rp 20.000.000,-
- Piala MBM Challenge
- Sertifikat
- Project Capital sebesar Rp 150.000.000,-
- Pemenang ke-2 akan mendapatkan :
- Uang sebesar Rp 10.000.000,-
- Piala MBM Challenge
- Sertifikat
- Project Capital sebesar Rp 100.000.000,-
- Pemenang Pertama akan mendapatkan :
- Hadiah Pemenang Semi Established :
- Pemenang Pertama akan mendapatkan :
- Uang sebesar Rp 30.000.000,-
- Piala MBM Challenge
- Sertifikat
- Project Capital sebesar Rp 300.000.000,-
- Pemenang ke-2 akan mendapatkan :
- Uang sebesar Rp 20.000.000,-
- Piala MBM Challenge
- Sertifikat
- Project Capital sebesar Rp 250.000.000,-
- Pemenang Pertama akan mendapatkan :
8. Bagaimana jadwal pelaksanaan program ini?
- Pendaftaran : 30 Juli - 6 September 2012
- Roadshow : 1 Agustus - 14 Agustus 2012
- Penjurian Tahap I : Awal September 2012
- Socent Camp : Pertengahan September 2012
- Penjurian Tahap 2 : Akhir September 2012
- Presentasi Final : 3 - 5 Oktober 2012
- Penganugerahan : 5 Oktober 2012
9. Bagaimana cara pendaftaran program ini ?
- Pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.bankmandiri.co.id link mandiri csr-pkbl
- Setelah mendaftar online, berkas formulir yang telah diupload ke website WAJIB dikirimkan ke Panitia Mandiri Bersama Mandiri Challenge sebanyak 3 rangkap. Alamat adalah sebagai berikut :
- Panitia Mandiri Bersama Mandiri Challenge
CSR Center Department
Plaza Mandiri lantai 21, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.36-38,
Jakarta Selatan, 12190
- Panitia Mandiri Bersama Mandiri Challenge
10. Bolehkah saya mendaftar hanya salah satu melalui online atau offline (pos)?
- Tidak boleh, peserta harus mendaftar melalui keduanya, mengisi / upload form pendaftaran secara online dan mengirimkan berkas ke Panitia Mandiri Bersama Mandiri Challenge
11. Kelengkapan berkas apa saja yang mesti dikirim via paket / pos?
- Peserta mengirimkan proposal bisnis sosial atau rencana pengembangannya dan formulir pendaftaran dalam bentuk hard copy , masing-masing sebanyak 3 (tiga) rangkap dengan wajib menyertakan:
- Fotokopi KTP masing-masing (1 lembar);
- Jika peserta adalah mahasiswa, wajib untuk melampirkan surat keterangan yang dari kampus atau jurusan menerangkan bahwa anda adalah mahasiswa di universitas bersangkutan. (1 lembar);
- Untuk kategori lanjut, melampirkan surat dari organisasi/komunitas yang diwakili;
- Peserta wajib menuliskan Judul, Kelompok, dan Kategori pada bagian depan amplop. Kategori pilihan:
- Pertanian
- Kelautan
- Industri kreatif
- Pariwisata
- Contoh:
PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA NAGA EMAS OLEH KOPERASI NAGA SAKTI, KELOMPOK LANJUT, KATEGORI PERTANIAN;
12. Apakah saya boleh mendaftar dengan 2 project berbeda?
- Tidak diperbolehkan bagi peserta untuk mengirimkan dua atau lebih project. Jika ditemukan panitia akan mendiskualifikasinya;
13. Bagaimana jika saya memiliki pertanyaan lain seputar program penghargaan ini?
- Kontak Panitia :
- Ninis 0877-88949187
- Nadya 0857-79696705
14. Adakah biaya pendaftaran untuk mengikuti kompetisi ini?
- Tidak ada biaya pendaftaran untuk kompetisi ini;
16. Apa sajakah fasilitas yang didapat dalam lomba ini?
- Pengembangan kapasitas kewirausahaan sosial melalui workshop socent camp;
- Kesempatan berjejaring dalam ekosistem kewirausahaan sosial nasional (Bank Mandiri, akademisi, para social entrepreneur, NGO global, social venture, dll);
- Akses untuk publikasi di media massa nasional
---------------------------------------------------------------------------
Festival Sukses Mulia
---------------------------------------------------------------------------
Salam Entrepreneur..
Baru saja cream kewirausahaan menyelenggarakan event tahunan "Entrepreneur Festival" untuk ke dua kalinya, di isi dengan 5 acara yang berkualitas dan memberikan out put positif kepada pesertanya.
Sebentar lagi Bulan Suci Ramadhan tiba, dan kami cream kewirausahaan mendesign acara untuk mengisi waktu luang sahabat pembaca Cream Media, agar waktu di bulan suci lebih terasa bermakna dengan di isi kegiatan yang telah kami siapkan, seperti:
· Fotografi class
· Art class (acting, singing, and saman dance class)
· Clambing class
· Al-qur’an class
· Character building class
BIAYA
Paket 1 1 kelas (Fotografi/acting/singing/al-qur’an study/clambing/tari tradisonal class).
Rp. 75000,-
Rp. 75000,-
Paket 2 2 kelas ( 1 class pilihan peserta & Character Building class).
Rp. 150.000,-
Rp. 150.000,-
Untuk keterangan dan info lebih lanjut, sahabat Cream Media dapat menghubungi:
Mirza
tlp:083895212827
pin:2713aa0e
pin:323cda4d
pin:323cda4d